Kasepuhan Sinar Resmi

0 15

Kasepuhan Sinar Resmi

Kasepuhan Sinar Resmi adalah sebuah Desa Adat yang terletak di Desa Sirna Resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43366. Kasepuhan Sinar Resmi merupakan salah satu komunitas desa adat yang hingga kini masih menjaga tata nilai budaya leluhur, khususnya dalam hal budaya pertanian, yakni Kasepuhan Banten Kidul.

Salah satu aturan adat terpenting dalam hal pertanian adalah, larangan untuk melakukan komersialisasi produk pertanian padi yang mereka tanam. Pasca panen, hasil pertanian disimpan dalam lumbung (leuwit) yang semua warga kasepuhan wajib memilikinya untuk kebutuhan pangan mereka dan kebutuhan sosial lainnya.

Begitu pula dengan pemakaian bahan kimia sintetis dalam kegiatan pertanian di kasepuhan pun tidak diperbolehkan. Benih padi yang ditanam warga harus benih padi varietas lokal dan musim tanam hanya dilakukan satu kali dalam satu tahun.

Source https://semuatentangprovinsi.blogspot.com https://semuatentangprovinsi.blogspot.com/2018/09/peninggalan-sejarah-provinsi-jawa-barat-bagian-3.html
Comments
Loading...