Kariring Pori Kalimantan Tengah

0 48

Lokasi Kariring Pori

Kariring Pori terletak di terletak di Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah.

Kariring Pori

Keadaan cukup terpilihara, Kariring berfungsi sebagai makam terakhir untuk tempat menyimpan tulang-tulang. Dalam Upacara Wara agama Kaharingan setempat. Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti orang yang dimakamkan tersebut.

Kariring mempunyai dua tiang, badannya (tempat tulang-tulang) yang dibentuk sedemikian rupa tingginya 2 meter dan panjangnya hampir 3 meter dengan penuh ukiran semua bahan dari kayu ulin. Pada tiang terdapat tulisan dalam huruf Arab Melayu yang terbaca Djunatu dengan angka tahun 1911, mungkin pemilik tulang yang ada didalamnya penutup Kariring cukup sederhana. Keadaan situs ini sangat memprihatinkan karena dimakan usia.

Dalam masa revolusi fisik di lokasi ini terjadi peristiwa heroik sekitar bulan September 1945 dimana terjadi kontak senjata dengan Belanda. Kapten Susilo gugur disini untuk menghargai jasanyaa dibuat nama jalan di Ampah.

Source https://www.blogger.com/about/?r=1-null_user http://sejarahkalimantantengah.blogspot.co.id/search?updated-max=2012-06-26T14:39:00-07:00&max-results=7
Comments
Loading...