Kantor Telkom Kayutangan Malang Sejak 1909

0 74

Kantor Telkom Kayutangan Malang Sejak 1909

Banyak yang berubah dari Malang, terutama bangunan yang kian maju seiring Sumber Daya Manusia (SDM) yang juga terus berkembang. Meski Malang terkenal dengan bangunan lawas yang dijaga, ada juga bangunan yang terus diperbarui dan semakin modern. Salah satunya Kantor Telkom Kayutangan. Mungkin dahulu Anda mengenal Kantor Telkom Kayutangan Malang berada di Jalan Basuki Rahmad Nomor 7-9.

Tapi tahukah Anda sejak 2014 bangunan ini sudah tidak ada? Ya, bangunan ini digantikan oleh Digital Innovation Lounge (Dilo) atau sering disebut Dilo Malang yang pemiliknya pun tetap dari PT. Telkom Indonesia. Dilo Malang menjadi wadah bagi digitalpreneur di Malang seiring banyaknya para pemiliki startup muda. Di sini lah tempat para digitalpreneur berkembang, mereka dapat mengadakan rapat mandiri atau bahkan seminar. Hanya cukup mendaftar sebagai member dan memesan waktu untuk rapat di sini.

Namun sebelum adanya Dilo Malang atau bahkan jauh sebelum adanya Kantor Telkom Kayutangan sebenarnya bangunan ini adalah bangunan yang digunakan sebagai kantor pos, telegram, dan telepon. Bangunan multifungsi tersebut dibangun pada 8 Juli 1909 oleh BOW (Burgelijke Openbare Werken).

Saat itu, sambungan telepon masih dikelola oleh pihak swasta. Lalu pada tahun 1917 diserahkan ke pihak Kotapraja dengan jumlah sambungan yang sebelumnya 275 menjadi 1000 sambungan dengan mayoritas pemakai adalah orang Eropa.

Hingga akhirnya pada Agresi Militer I bangunan ini termasuk bangunan yang dibakar oleh pejuang Malang sehingga tinggal tembok depannya saja. Setelah berakhir masa perang banguan ini direnovasi kembali hingga akhirnya menjadi bangunan Telkom.

Memiliki catatan sejarah yang panjang bukan? Dengan jangka waktu sekitar 100 tahun terdapat sejarah yang panjang. Mulai dari bangunan yang super kuno dan khas Belanda hingga menjadi bangunan yang sangat modern dan diisi sebagai wadah industri kreatif di Malang.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2016/02/29/kantor-telkom-kayutangan-malang/
Comments
Loading...