Kantor Telepon Bogor

0 4

Kantor Telepon Bogor

Kantor Telepon. Bukan Kantor Telkom, tetapi “KANTOR TELEPON”. Sampai saat inipun, masih banyak warga Bogor yang masih menyebut bangunan, yang sekarang menjadi bagian dari Kantor Telkom Indonesia ini, dengan sebutan itu dan bukan menyebut nama perusahaan pengelola telekomunikasi di Indonesia.

Penyebutan itu bukanlah tanpa alasan dan bukan karena warga Bogor tidak menyadari bahwa gedung tersebut sudah beralih pengelolaan. Tetapi, karena memang itulah namanya sejak satu abad yang lalu. Gedung ini di masa Belanda menjadi tuan di negeri ini disebut dengan Telefoon Kantoor te Buitenzorg, yang kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi KANTOR TELEPON BOGOR.

Bangunan ini, entah kapan pastinya berdiri, sudah ada sejak tahun 1910 (berdasarkan situs Indische Literaire Wandelingen). Situs berbahasa Belanda itu, mengutip dari De Locomotief menyebutkan kutipan berita yang berbunyi :

In 1910 nog zeer beperkte verbindingen. [De Locomotief 15 September 1910]

Het Nieuwsblad verneemt, dat het plaatselijk telefoonnet te Buitenzorg met 1 Juli is overgegaan aan het gouvernement voor een bedrag van f 15.000.

Tidak ada keterangan lain yang bisa ditemukan tentang Kantor Telepon Bogor ini di masa lalu. Sejarah seperti berhenti di tahun 1910 karena meski sudah berusaha menelusuri dunia maya berkali-kali, tetap saja belum ditemukan sejarah lengkapnya.

Source http://www.lovelybogor.com http://www.lovelybogor.com/telefoon-kantoo-te-buitenzorg-kantor-telepon-bogor-cagar-budaya-13/
Comments
Loading...