Kantor Pusat PT. Kereta Api Bandung

0 28

Kantor Pusat PT. Kereta Api

Kantor Pusat PT. Kereta Api Indonesia yang sampai saat ini merupakan satu-satunya perusahaan yang mengoperasikan moda transportasi kereta api di Indonesia memang berada di kota Bandung, bukan di Jakarta. Pemilihan lokasi kantor pusat di Bandung (luar kota Jakarta) juga terjadi pada perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT. TELKOM, PT. Pos Indonesia, PT. DI, dan PT. Perkebunan Nusantara VIII. Aku kurang tahu apa alasan PT. KAI memilih lokasi kantor pusatnya di kota Bandung.

Aku menduga, pemilihan lokasi kantor pusat PT. KAI di Bandung ini berhubungan erat dengan sejarah perkeretaapian Indonesia di zaman penjajahan Hindia Belanda. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, dunia perkeretaapian diramaikan oleh beberapa perusahaan swasta Hindia Belanda1 antara lain NIS ( Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij), SJS (Samarang-Joana Stoomstram Maatschappij) dan SCS (Semarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij) dan sebuah perusahaan ‘BUMN’ milik pemerintah Hindia Belanda bernama SS (Staatsspoorwegen) yang terkenal dengan semboyannya : “Staats Spoor Steeds Sneller” (“4S”). Artinya : “Kereta Api Negara Selalu Lebih Cepat. Sebuah sumber menyatakan bahwa SS berkantor pusat di kota Bandung. Dalam perkembangannya menjelang penjajahan Jepang, SS merupakan perusahaan yang paling besar di Hindia Belanda yang berkantor di Bandung.

Setelah proklamasi kemerdekaan RI, terjadilah pengambilalihan kekuasaan perkeretaapian dari pihak Jepang oleh Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) pada sebuah peristiwa bersejarah tanggal 28 September 1945. Dalam perkembangannya, dilakukanlah nasionalisasi perusahaan perkeretaapian oleh Djawatan Kereta Api Indonesia (DKARI), yang kemudian namanya dipersingkat dengan Djawatan Kereta Api (DKA), hingga tahun 1950. Tahun 1963, DKA kemudian berubah menjadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA) dan berubah lagi menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) pada tahun 1971. Tahun 1990 status perusahaan jawatan diubah menjadi perusahaan umum sehingga PJKA berubah menjadi Perusahaan Umum Kerata Api (Perumka) dan terakhir pada tahun 1998 menjadi PT. Kereta Api (persero), berdasarkan PP. No. 19 tahun 1998. Dalam beberapa kali pergantian nama dan bentuk usaha, kantor pusat masih berada di kota Bandung. Sehingga dengan demikian, maka PT. KA berada di Bandung.

Source https://mayapasim1.wordpress.com/ https://mayapasim1.wordpress.com/kantor-pusat-pt-kai-bandung/
Comments
Loading...