Kantor PTUN Padang

0 40

Kantor PTUN Padang

Gedung ini dari masa kolonial memang sudah berfungsi sebagai gedung pengadilan yang dulu bernama (Raad van Justitie). Pembangunan gedung ini tidak diketahui, tapi gedung ini mulai dipergunakan kira-kita tahun 1883. Gedung pengadilan ini merupakan pengganti gedung pengadilan yang habis terbakar yang awalnya berada di jalan Jenderal Sudirman sekarang.

Gedung pengadilan tinggi urusan Negara ini berdenah segi empat dengan serambi di samping kiri kananya (sisi barat dan sisi timur). Di bagian sisi utara terdapat kolom segi empat sebanyak 6 (enam) buah dan disekeliling dindingnya terdapat kolom-kolom semu yang menempel. Pintu masuk berada di sisi selatan, dengan teras beratap dan disangga oleh 4 (empat) buah kolom. Bagian dalam ruangan terbagi dalam beberapa ruang-ruang untuk kantor para pegawai. Dibagian tengah terdapat koridor sebagai akses jalan menuju ruangan sidang dan penghubung setiap ruangan. Semua dinding yang menghadap ke bagian luar terdapat jendela yang berdaun jendela 2 (dua) buah dan berjeruji besi. Jendwela tersebut sekarang ditambahkan kaca dan rangka alumunium. Pada tahun 1991 atap diganti dari genteng menjadi seng, dan atapnya pernah diganti dengan gojong, namun akhirnya dikembalikan lagi seperti awalnya atap tidak bergonjong. Pada tahun 1996 penggantian langit2 menjadi tripleks.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...