Kantor Pos Lama Pontianak

0 118

Kantor Pos Lama

Bangunan Kantor Pos Lama ini berada dijalan Rahadi Oesman, Pontianak Kota berdekatan dengan bangunan Bank Indonesia dan Kantor Walikota Pontianak. Lokasinya tidak jauh dari lapangan Alun-Alun Kapuas dan Pelabuhan Pontianak.

Corak bangunan nuansa arsitektur indies sangat kental terasa di bangunan kantor pos yang pertama di kota Pontianak ini. Dan kantor Pos pusat Kota Pontinak, sebelum dipindahkan ke jalan Sultan Syarif Abdurahman. Berwarna putih pastel, beberapa sisi bangunan berwarna oranye dan beratap kayu sirap. Ukuran pintu dan jendela yang lebar dan tinggi. Jarak antara lantai dengan dek atapnya yang tinggi. Member kesan luas dan megah dari bentuk bangunan ini.

Dibangun pertama kali pada tahun 1858 oleh pemerintahan Kolonial Hindia Belanda. Semenjak awal, bangunan ini memang di fungsikan sebagai ‘post telegraf kantoor’ (kantor pos). Berdasarkan Platte Grond Van de Hoofdplaats Pontianak, 1 Maart 1934 (peta Pontianak 1934). Post telegraf kantoor ini berada di simpang heerenstraat (sekarang jalan zainudin) dan Larive Park (sebagian kawasan taman ini sekarang menjadi Taman Alun Kapuas). Di sebelah barat laut nya terdapat bundaran plein resident kater, kini menjadi sebuah taman.Di samping sebelah Timur terdapat De Javasche Bank (sekarang Bank Indonesia). Di depannya terdapat tennisvelden (lapangan tenis, sekarang berada di halaman hotel kartika).

Bangunan ini, sampai sekarang masih kokoh berdiri dan masih berfungsi sebagai kantor pos yang di kelola oleh PT POS. Khusus melayani ekspedisi pengiriman barang. Sebagai menjadi salah satu bangunan peninggalan sejarah, sudah sepatutnya bangunan ini di jaga dan dilestarikan.

Source https://pontianakheritage.wordpress.com https://pontianakheritage.wordpress.com/2015/05/11/kantor-pos-lama/
Comments
Loading...