Kantor Pos Besar Bandung

0 27

Kantor Pos Besar Bandung

Gedung Kantor Pos Besar Bandung merupakan salah satu bangunan peninggalan zaman kolonial yang fungsinya tak berubah hingga kini. Gedung yang berlokasi di Jalan Asia Afrika No. 49 Kota Bandung ini sejak awal didirikan berfungsi sebagai Posten Telegraf Kantoor (Kantor Pos dan Telegraf). Letaknya berdekatan dengan alun-alun kota dan pendopo yang merupakan kantor pemerintahan pada saat itu.

Bangunan ini dibangun pada tahun 1863 atas hasil rancangan arsitek berkebangsaan Belanda, J. van Gendtdan yang telah mengalami beberapa kali renovasi. Perombakan besar-besaran pernah dilakukanpada tahun 1928-1931. Bangunan kantor pos bergaya gaya desain art deco geometric (modern fungsional) yang dipadu atap bangunan tropis. Kantor seluas 4.846 m2 ini berdiri di atas lahan seluas 6.006 m2. Dibutuhkan waktu pembangunan selama tiga tahun hingga kantor pos ini diresmikan.

Source https://semuatentangprovinsi.blogspot.com https://semuatentangprovinsi.blogspot.com/2018/10/peninggalan-sejarah-provinsi-jawa-barat-bagian-7.html
Comments
Loading...