Kantor Pelabuhan Singaraja Bali

0 92

Lokasi Kantor Pelabuhan Singaraja

Kantor Pelabuhan Singaraja terletak di Dusun Pabean, Desa Kampung Tinggi, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Kantor Pelabuhan Singaraja

Kantor Pelabuhan Singaraja masih berdiri gagah walaupun banyak bangunan tinggalan belanda yang telah dihancurkan dan diganti dengan bangunan baru.

Kantor Pelabuhan telah diinventarisasi oleh tim BPCB Bali yang dipimpin Drs. I Wayan Gede Yadnya Tenaya pada tahun 2004. Saat ini Kantor Pelabuhan telah difungsikan sebagai tempat Sasana Tinju (Joni Boxing Camp). Bangunan Kantor Pelabuhan dibuat pada Masa Kolonial Belanda sekitar abad 18 Masehi dengan gaya bangunan Eropa. Kondisi pada tahun 2004 tembok bagian barat mengalami pelapukan, dan pengelolaan dan perawatan secara rutin dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng dengan dan APBD.

Bangunan ini terletak di bekas pelabuhan (dermaga) kuno dan menghadap ke Utara (ke Laut), tata letak ruangan dibagi menjadi dua bagian yaitu ruangan depan dan ruangan belakang. lantai menggunakan tegel berwarna hitam. Pilar penyangga berbetuk silinder.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/2017/08/06/kantor-pelabuhan-singaraja/
Comments
Loading...