situsbudaya.id

Kantor KPU Kabupaten Rokan Hulu

0 20

Lokasi Kantor KPU

Kantor KPU terletak di Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Kantor KPU

Bangunan merupakan bekas Kantor Controleur Belanda untuk wilayah Rokan Hulu yang diperkirakan berdiri pada tahun awal 1900an. Jabatan Controleur merupakan salah satu jabatan terpenting pada masa pemerintahanan/birokrasi Belanda pada masa tersebut. Pejabat-pejabat birokrasi yang terpenting di daerah adalah Residen, Asisten Residen, Controleur, dan Aspirant Controleur. Inilah elite birokrasi kolonial yang dinamakan Binnenlands Bestuur (BB).

Dalam perkembangannya bangunan pernah juga digunakan untuk Kantor Camat Kecamatan Rambah waktu masih bergabung dengan Kabupaten Kampar. Sejak tahun 2005, bangunan ini digunakan sebagai Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu.

Bangunan ini berbentuk persegi panjang dengan 20, 3 meter x 14, 3 meter dengan tinggi 5.5 meter. Pada beberpa bagian tertentu bangunan ini sudah mengalami perubahan terutama pada bagian dalam yang sudah dibuat sekat-sekat untuk ruangan yang terbuat dari bahan triplek. Selain dari itu, plafon dari bangunan ini juga telah mengalami perubahan dari papan ke triplek. Sekarang bangunan ini memiliki 6 ruangan yang digunakan untuk perkantoran. Atap dari bangunan ini telah mengalami perubahan dari genteng tanah ke seng, sedangkan dinding bangunan ini terbuat dari kayu. Pada bagian depan tiang sudah diganti dengan beton.Lokasi bangunan ini berada di pemukiman penduduk dan perkantoran dengan luas lahan 2500 m2 (50 meter x 50 meter).

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/10/05/kantor-kpu-kabupaten-rokan-hulu-kantor-controleur/
Comments
Loading...