Kantor Kodim 0721 Blora

0 139

Kantor Kodim 0721 Blora

Kantor KODIM Blora berlokasi di Jl. Pemuda No. 44 Blora. Bangunan ini dibangun pada tahun 1917, sebagaimana tertera pada tembok bangunan yang terletak di bagian belakang bangunan. Sejarah penggunaan gedung ini pada mulanya adalah milik orang Belanda, yang termasuk dalam kawasan pemukiman pejabat Hindia Belanda. Kemudian setelah masa kemerdekaan dimiliki orang keturunan Tionghoa bernama Lien Hong Swan dari Yogyakarta hingga tahun 1951. Setelah peristiwa G30SPKI dikuasai militer, dan sejak tahun 1965 dipergunakan sebagai markas Kompi dan kemudian dijadikan Kantor Kodim 0721 Blora.

Bangunan ini terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu : (a) Bangunan utama di tengah, yang terdiri dari ruang aula dan ruang komandan, (b) bangunan paviliun di sisi kiri kanan; di sisi kiri untuk pos penjagaan; sedangkan di sisi kanan untuk ruang administrasi dan keuangan. Dan kelompok bangunan fasilitas di bagian belakang yang saat ini sebagian digunakan untuk lapangan olahraga dan asrama tentara. Terletak di area tanah seluas 5.537 m², dan bangunan seluas 532 m². Dengan bentuk bangunan tembok beton, berlantai marmer putih pada bangunan barat, dan ruang lain dari tegel ubin bermotif. Konstruksi kerangka atap, pintu dan jendela seluruhnya terbuat dari kayu jati berkualitas terbaik. Nilai keantikan dan keaslian bangunan ini cukup tinggi, sekalipun pada bagian atap konon pernah banyak terdapat ornamen patung yang kini telah hilang.

Source http://www.blorakab.go.id http://www.blorakab.go.id/index.php/public/kebudayaan/detail/90/kantor-kodim-0721-blora
Comments
Loading...