situsbudaya.id

Kantor Klasis Sulawesi Tenggara

0 25

Lokasi Kantor Klasis

Kantor Klasis terletak di dalam kompleks Gereja Kendari, Jalan Lakidende, Kelurahan Kandai, Kecamatan Kendari, Sulawesi Tenggara.

Kantor Klasis

Rumah ini didirikan sekitar tahun 1940-an untuk tempat tinggal para misionaris Belanda selama di Kendari. Bangunan rumah terdiri dari dua komponen, yaitu bangunan I merupakan Kantor Klasis sekaligus menjadi rumah tinggal. Bangunan II adalah jejeran 9 kamar yang difungsikan sebagai asrama, berada di belakang atau barat laut bangunan I. Kedua bangunan tersebut dihubungkan oleh koridor.

Keseluruhan dinding dicat berwarna putih. Teras dan rumah lebih tinggi antara 45 cm sampai 120 cm dari permukaan tanah sekitarnya. Lebar teras depan 2 m dan panjang 4 m. Dinding depan terdapat pintu di tengah, di kiri dan kanannya dilengkapi jendela kaca berbingkai kayu, masing-masing tiga ruas. Kusennya kayu, dicat warna biru muda.

Pada dinding barat dilengkapi 6 jendela kayu dan kaca. Bangunan I memiliki 4 ruangan utama dan 2 kamar tidur. Ruangan pertama adalah ruang tamu, ruangan kedua adalah ruang kerja. Keduanya berurutan dan dihubungkan oleh sebuah pintu. Ruang ketiga berada di sebelah kanan ruang kerja yang merupakan ruang dapur. Kamar-kamar tidur, sejajar dengan ruang tamu, dengan masing-masing pintu yang berukuran lebar 220 dan tinggi 170 cm.

Ruangan keempat merupakan kamar tamu yang terletak di sisi barat bangunan. Kamar tamu terhubung dengan ruang dapur. Terdapat pintu masuk dan jendela di bagian depan kamar, lengkap dengan teras depan kamar. Interior rumah dilengkapi platform dari papan kayu yang dicat berwarna putih. Bagian belakang terdapat 1 pintu kayu yang merupakan akses ke koridor dan asrama. Meskipun masih difungsikan, bangunan ini tidak terawat baik.

Bangunan II memanjang dan melengkung hingga ujung kanan asrama, bertemu dengan sudut bangunan kantor. Asrama yang memiliki 9 kamar ini tidak digunakan lagi. Depan pintu dilengkapi teras, sedangkan atap bangunan menggunakan sirap yang dilapis seng.

Source https://zonasultra.com/ https://zonasultra.com/inilah-peninggalan-jepang-dan-belanda-yang-tersembunyi-di-kota-kendari-2.html
Comments
Loading...