Kantor Kelurahan Pakelan

0 78

Kantor Kelurahan Pakelan

Bangunan Kantor Kelurahan Pakelan terletak di Jalan Yos Sudarso, Kota Kediri, yang dibangun pada akhir Abad 19 ini tetap kokoh dengan arsitektur khas perpaduan Jawa dengan Tionghoa masa lampau.

Model bangunan kuno yang memiliki empat pilar besar sebagai penopang teras. Kemudian juga ada pemandangan tiga pintu besar berjajar di bagian depan.

Sebelum lebih jauh masuk ke dalam, ada lagi yang unik. Yaitu gerbang masuk utama. Lebarnya hanya sekitar satu setengah meter. Dengan gaya simetris yang berbentuk pagupon. Dengan gerbang yang cukup kecil itu wajar bila bangunan utama tidak tampak bila dilihat dari jalan raya.

Masuk ke bangunan utama, nuansa sejuk mulai terasa. Ventilasi yang lebar membuat sirkulasi udara dalam ruangan tersebut sangat lancar. Lantai bangunan masih menggunakan marmer. Terutama di teras depan. Sedangkan lantai pada bangunan pertama sudah dilapisi keramik putih.

Pada 1950-an Kelurahan Pakelan tidak memiliki kantor. Lurah dan staff menempati rumah pribadi lurah yang disekat. Selanjutnya pada 1966 mereka menggunakan gedung serba guna sebagai kantor. Selain itu, salah satu rumah yang ada di Jalan Trunojoyo pun pernah disewa untuk kepentingan proses administrasi kelurahan pada 1980.

Mereka mulai pindah ke gedung ini pada 1990. Saat itu itu kantor kelurahan masih menempati bangunan bagian belakang. Sedangkan bangunan utama masih ditempati SDN Pakelan. Ketika SDN Pakelan kehabisan siswa, pada 2014 hanya menyisakan 15 murid saja. Sehingga mau tidak mau mereka yang masih tersisa harus di-marger ke SD lain. Yaitu SDN Jagalan ataupun ke SDN Kemasan.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2018/12/wisata-sejarah-di-kota-kediri-jawa-timur/
Comments
Loading...