situsbudaya.id

Kantor Imigrasi Klas II Belakang Padang Kota Batam

0 32

Kantor Imigrasi Klas II Belakang Padang Kota Batam

Kantor Imigrasi Klas II Belakang padang di bangun tahun 1950-an. Kantor Imigrasi Belakang padang ini awalnya hanyalah sebuah Pos Imigrasi yang wilayah kerjanya berada di bawah naungan Kantor Imigrasi Tanjung pinang . Keberadaannya saat itu khusus diperuntukkan melayani penyelesaian ke-imigrasi-an bagi kapal masuk dan kapal ke luar negeri. Kantor Imigrasi belakang padang baru didirikan secara resmi pada tahun 1951.

Bangunan utama gedung yang masih difungsikan sebagai kantor imigrasi dan telah mengalami pemugaran beberapa kali. Sisanya adalah deretan bangunan tua yang sudah tidak terawat seperti perumahan pegawai imigrasi sebanyak delapan unit dan dua perumahan staf yang dibangun terpisah.

Terdapat bekas sebuah bak penampungan air raksasa yang dipenuhi tanaman liar. Bak penampungan air ini merupakan yang pertama sekali ada di Belakang Padang untuk menampung air bersih kiriman dari Singapura via Pulau Sambu yang datang dua minggu sekali.

Tapak-tapak sejarah milik imigrasi Belakangpadang yang masih tersisa adalah gardu listrik yang dibangun pada tahun 1951, sebuah ruangan arsip, gudang dan bekas lapangan badminton. Terletak di dataran tinggi yang dengan jenjang sepanjang lebih dari 100 meter. Kantor Imigrasi Belakangpadang didirikan dengan menempati kantor seluas 174 meter2 dengan panjang 15 meter dengan lebar 11,6 meter.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/kantor-imigrasi-klas-ii-belakang-padang-kota-batam/
Comments
Loading...