Kantor Disbudpar Kabupaten Garut

0 51

Lokasi Kantor Disbudpar

Kantor Disbudpar terletak di Jl. Ciledug No.120, Kota Kulon, Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44114.

Kantor Disbudpar

Bangunan Kantor Disbudpar ini mulai didirikan pada masa Hindia Belanda, yaitu pada tahun 1910. Pada awalnya berfungsi sebagai rumah tinggal Direktur Perkebunan Teh Dayeuhmanggung. Masyarakat secara umum mengenalnya sebagai Tuan Baron. Luas bangunan berukuran 37,5 m x 43,2 m. Dengan batas-batasnya utara: Jalan Gunung Galunggung, Selatan: Jalan Cakrabuana, Barat: Rumah penduduk dan Timur: Jalan Ciledug.

Setelah kemerdekaan Republik Indonesia bangunan berfungsi sebagai Kantor Pembantu Bupati Wilayah I Garut Kota (Kantor Kewedanaan). Pada tahun 1965 ditempati Kantor Inspektorat Pembantu Wilayah V. Pada tahun 1992 bangunan ini ditempati oleh Kantor Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Garut. Kemudian pada tahun 2007 sampai sekarang digunakan sebagai Kantor Disparbud Garut.

Bangunan kolonial berupa rumah tinggal terdiri dari 3 bagian, yaitu: bangunan inti berada di tengah-tengah yang masih asli kosntruksi dan arsitekturnya, serta pagar besi dan tembok di bagian depan yang merupakan bangunan baru. Bangunan tambahan di kiri dan kannya. Denah bangunan persegi panjang menghadap ke Timur (Jalan. Ciledug) dengan gaya arsitektur Hindia Baru (gaya Indis). Lantai ditinggikan ± 110 cm. Bangunan inti memiliki 8 ruangan dan 1 kamar mandi, yaitu: ruang tamu, ruang kepala dinas (kamar tidur utama), ruang rapat (kamar tidur), ruang staf keuangan (ruang tengah/ruang keluarga), ruang kabag TU (ruang belakang/ruang keluarga), ruang staf bagian umum (ruang serbaguna), ruang staf kesenian (kamar tidur), dan ruang peralatan kesenian (dapur dan ruang makan).

Kantor Disbudpar memiliki 2 pintu masuk utama terbuat dari kayu berdaun tunggal dengan ukuran lebar dan tinggi 1,3 m x 2 m dan 1,1 m x 1,85; ada 4 anak tangga dengan pagar besi yang masih asli di kiri kanannya menuju pintu masuk utama; 2 jendela melengkung dan 1 jendela persegi panjang rangkap berdaun ganda di muka bangunan yang menyerong dekat pintu masuk utama; 2 jendela persegi panjang rangkap berdaun ganda di samping kanan (utara); bekas jendela yang sudah ditutup tembok di samping kiri (selatan); 2 pintu di bangian belakang; dan 4 pasang jendela persegi panjang terbuat dari kaca berdaun tunggal di belakang. Halaman belakang berbenteng beton setinggi 3 m yang masih asli.

Source Kantor Disbudpar Kabupaten Garut Jawa Barat
Comments
Loading...