Kantor Dinas Prasjal Dan Tarkim Provinsi Sumatera Barat

0 31

Kantor Dinas Prasjal Dan Tarkim Provinsi Sumatera Barat

Berdasarkan survei literatur gedung ini dari masa kolonial sudah dipergunakan sebagai kantur (PU) pekerjaan umum (BOW: Burgerlijke Openbare Werken). Sedangkan keterangan tentang tahun pembangunannya tidak diketahui.

Gedung ini merupakan kantor tata permukiman kota PU ini berada di jalan Batang Arau, bangunan ini sebagian besar telah mengalami perubahan terutama pada dinding bagian depan, samping sisi timur. Dinding bagian depan dan bagian samping sisi timur telah diganti dengan kaca. Selain itu bagian depan telah memngalami penambahan berupa teras dengan atap seng. Atap bangunan ini berbentuk limas yang memanjang ke belakang (ke arah utara) dan terbuat dari seng. Pada bagian gable terdapat jendela (lubang angin). Paska gempa, bangunan ini mengalami kerusakan sekitar 70 %.

Terlihat dari dinding sisi Timur mengalami retak-retak yang agak dalam (dinding hampir terbelah) dan plesteran nya sudah terkelupas, bagian atapnya hampir sebagian besar rusak. Untuk bagian dalam kami tidak bisa mengamati secara langsung karena semua pintu masuk ke dalam kantor ini terkunci, dari kaca luar juga kami tidak dapat melihat keadaan bangunan bagian dalam karena tertutup oleh lemari (filling cabinet), meja dan kursi yang sudah berantakan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...