Kantor Dinas Pendapatan Daerah Prov. Riau (eks Kantor Offseter)

0 8

Kantor Dinas Pendapatan Daerah Prov. Riau (eks Kantor Offseter)

Markas BKR/TKR yang kemudian menjadi markas TNI selatpanjang pada awal kemerdekaan. Di tempat ini semua strategi perang di atur dan perintah komando dikeluarkan saat menghadapi pasukan belanda. Ketika selat panjang dikuasai belanda, tempat ini menjadi kantor Offseter (pekerja umum). Kini tempat ini menjadi kantor UPTD Dispenda Provinsi Riau di selat panjang. Rumah Kolonial Dinas Pendapatan Daerah Prov. Riau ini terletak di jalan merdeka yang memiliki luas bangunan 11,4 x 23.8 m dan luas lahan sebesar 935,25 m 2 yang dikelilingi oleh pagar.

Ciri khas bangunan belanda masih terasa pada bangunan ini yang terlihat dengan pintu dan jendela yang besar. Rumah Kolonial Dinas Pendapatan Daerah Prov. Riau. Rumah Kolonial Dinas Pendapatan Daerah Prov. Riau ini memiliki cat putih kekuningan dan orange dengan atap genteng serta tembok yang terbuat dari bahan semen. Batas batas situs Rumah Kolonial Dinas Pendapatan Daerah Prov. Riau sebelah utara berhadapan langsung dengan jl. Merdeka, sebelah selatan bersebelahan dengan rumah penduduk, sebelah timur bersebelahan dengan rumah kolonial pendapatan daerah kab. Meranti dan sebelah barat bersebelahan dengan rumah dinas koramil.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kepulauan-Meranti-BPCB.pdf
Comments
Loading...