Kantor Dinas Kesehatan Kulon Progo

0 87

Kantor Dinas Kesehatan Kulon Progo

Kantor Dinas Kesehatan Kulon Progo terletak di sebelah barat alun alun Kabupaten Kulon Progo, dahulu digunakan sebagai Rumah Sakit Wates yang dalam perkembangannya berubah menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Wates, hingga saat ini digunakan sebagai kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo.

Ditinjau dari sejarahnya, rumah Sakit Wates didirikan pada tahun 1908, pada masa kepemimpinan dr. H.S. Pruys. Rumah Sakit Wates pernah mendapatkan gelontoran dana dari Sri Sultan Hamengkubuwono VII. Diketahui pula bahwa bahwa RS Wates tersebut pernah berafiliasi dengan RS Petronella (yang lebih dikenal dengan RS. Bethesda) tetapi tidak diketahui kapan waktunya.

Kompleks bangunan perkantoran Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo ini berbentuk empat persegi panjang. Bangunan menghadap arah timur, ke arah jalan Suparman, bentuk atapnya limasan, pintu dan jendela dari kayu jati dengan bentuk ram kaca, lantai tegel abu abu dengan ukuran 20 x 20 cm. Kondisi bangunan masih bagus, bangunan yang diperkirakan bekas kamar – kamar pasien.

Pada tahun 2017 Kantor Dinas Kesehatan Kulon Progo merupakan salah satu dari sepuluh bangunan dan struktur cagar budaya yang mendapat penghargaan Kompensasi Pelindungan Cagar Budaya 2017 dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta. Penghargaan tersebut diberikan kepada bangunan dan struktur Cagar Budaya yang pemilik/ pengelolanya memiliki komitmen yang tinggi terhadap pelestarian Cagar Budaya.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/kantor-dinas-kesehatan-kulon-progo/
Comments
Loading...