Kantor Detasemen Peralatan “A” 01-12-03 Padang

0 25

Kantor Detasemen Peralatan “A” 01-12-03 Padang

Berdasarkan survei literatur pustaka, bangunan ini merupakan tempat tinggal pejabat Belanda yang dibangun sekitar tahun 1890-an atau bersamaan dengan pembangunan asrama militer di Ganting.

Bangunan dengan arsitektur kolonial ini memang memperlihatkan tata ruang sebagai rumah hunian. Bentuk façade yang menarik dari bangunan ini adalah adanya ruangan yang berada di sisi menjorok keluar di sisi timur, ruangan tersebut membentuk setengah lingkaran, sekarang dipergunakan sebagai ruangan komandan. Bentuk atapnya berupa limas dan terbuat dari genteng. Tata ruang bangunan terdiri dari ruang tamu dan disebelah timur terdapar ruangan yang menjorok keluar yang berbentuk setengah lingkaran. Di bagian agak ke dalam setelah ruang tamu terdapat ruang keluarga yang di sisi kiri kanannya terdapat deretan kamar sebanyak 6 (enam) buah, yang berada masing-masing 3 (tiga) buah di sisi kiri dan kanan. Kamar-kamar tersebut sekarang dipergunakan sebagai ruang bekerja.

Di bagian belakang terdapat semacam aula, berupa ruang luas dengan ukuran 5 m x 5 m. Seluruh lantai dalam ruangan ini terbuat dari ubin dengan motif floral dan geometris dengan kualitas tinggi. Bangunan ini sekelilingnya terdapat jendela yang terbuat dari kaca, jendela-jendela tersebut masih asli. Pintu masuk berada di sisi timur sebagai akses masuk ke dalam ruangan. Untuk askes masuk lewat belakang terdapat sebuah gerbang dari bata, dengan bentuk pintu kemungkinan dari kayu, saat ini sudah tidak ada lagi, namun bekas engsel-engselnya masil ada, dengan ukuran engsel yang sangat besar. Di bagian belakang terdapat sebuah bangunan lagi yang sekarang dipergunakan sebagai ruangan sholat, kamar mandi, gudang, dan dapur. Bangunan ini di hubungkan oleh sebuah lorong pendek dengan atap dari seng.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...