Kantor Camat Peninggalan Kerajaan Kutai Kartanegara Kalimantan Timur

0 83

Kantor Camat Peninggalan Kerajaan Kutai Kartanegara

Keberadaan Bangunan tersebut dapat diakses melalui jalan darat  dengan jarak + 10 Km dan waktu tempuh 15 – 30 menit dari pusat kota Bontang. Alamat lengkap bangunan di Jl. Yos Sudarso, Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Kalimantan Timur. Banguanan tersebut dibangun di atas tanah seluas 12,26.
Latar belakang sejarah Kantor Camat Bontang Kuala, awalnya difungsikan sebagai kantor wedana yang dibangun oleh kesultanan kutai kartanegara. Saat ini bangunan tersebut telah beralih fungsi sebagai perpustakaan umum. Status kepemilikan bangunan adalah pemkot Bontang.
Bangunan bekas kantor camat berbentuk panggung yang terbuat dari kayu ulin. Memiliki denah persegi panjang dengan memiliki sekat untuk membedakan fungsi ruangan. Pada bagian depan terdapat jembatan untuk menghubungkan ke jalan. Halaman depan berukuran 1,9 m x 4,26 m dengan lantai terbuat dari papan kayu ulin. pada bagian dalam rumah terdapat sekat yang digunakan untuk ruang tamu, 2 ruang kamar, 1 ruang tengah dan kamar mandi pada bagian belakang. Kamar mandi dibagnun terpisah dari bagian utama bangunan. Pada bagian belakang terdapat kolam penampungan air yang saat ini sudah tidak dapat digunakan kembali.
Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/kantor-camat-peninggalan-kerajaan-kutai-kartanegara-kota-bontang-kalimantan-timur/
Comments
Loading...