Kantor Bupati Serang

0 111

Kantor Bupati Serang

Bangunan ini Berada di dalam komplek pemerintahan Kabupaten Serang di jalan Veteran, Serang. Bangunan ini didirikan seiring dengan pemindahan kota dari Banten Lama ke Serang pada tahun 1800-an. Sejak awal dibangun sampai sekarang telah difungsikan sebagai kantor Bupati Serang. Denah bangunan ini berbentuk empat persegi panjang dengan pondasi yang masif. Arah hadap bangunan ke selatan, dengan serambi muka ditopang oleh 32 buah pilar bergaya tuscan berwarna putih, kondisi bangunan ini masih sangat baik.

Atap bangunan berbentuk limasan dengan konstruksi kayu. Gentingnya terbuat dari tembikar berwarna coklat, yang kini sudah diganti dengan genting berglasir. Yang menarik dari atap bengunan ini adalah bentuk dak atapnya yang lebih lebar, fungsinya agar dapat mencegah curah hujan agar tidak tampias ke dinding. Bentuk atap seperti ini dipengaruhi oleh arsitektur venakular Jawa. Bentuk-bentuk daun jendela dan daun pintu pada bangunan ini tampaknya sudah banyak yang berubah, sekarang daun jendela dan daun pintu memakai ukiran, dan terbuat dari kayu.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2014/08/07/wisata-sejarah-di-banten-2-dari-2/
Comments
Loading...