Kampung Lamariang NTT

0 91

Lokasi Kampung Lamariang

Kampung Lamariang terletak di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Kampung Lamariang

Kampung lama Lamariang atau kampung adat Lamariang adalah kampung pertama tempat berdiamnya nenek moyang dari sebagian masyarakat Jontona, Watodiri, Muruon dan Waipukang. Sama dengan Lewohala, kampung ini sebelumnya sudah didiami oleh suku asli yakni Tana Tawa Ekan/Tedemaking. Mereka adalah satu kelompok kecil yang mendiami wilayah tersebut sebelum kedatangan suku-suku lain dari daerah kepulauan Ambon yakni Seran Goran dan Lepan Batan.

Kehidupan masyarakat asli pada waktu itu sangat primitif yang mana belum mengenal api, sehingga segala sesuatu dimakan langsung tanpa melalui proses dimasak (Reka ro gona renu ro pawi). Ketika kedatangan suku-suku lain dari daerah Ambon barulah terjadi perubahan pada kehidupan suku asli ini, yakni sumber api yang dibawa oleh suku dari daerah Seran Goran yakni suku Matarau dibarter dengan belahan kepala dari seekor jantan besar.

Dari sinilah sistem memasak makanan dimulai oleh suku asli, sehingga setiap tahun dilakukan upacara ritual makan kacang (Reka Uta). Api yang dipakai untuk memasak kacang di tungku utama adalah api yang dihasilkan dari gesekan bambu/gehe kneha di atas sebuah batu yang letaknya di depan pintu masuk rumah adat.

Seiring dengan pertambahan waktu ketika terjadi banjir besar yang melanda kampung ini, semua orang mengungsi dan mencari peradaban baru. Semuanya menyebar ke daerah Jontona, Watodiri, Todanara, Muruona, Waipukang, Kolontobo, Petun Tawa dan yang lainnya menyebrang ke daerah Kecamatan Lebatukan dan menetap sampai dengan saat ini. Kampung adat ini digunakan setiap tahunnya untuk ritual makan kacang/Reka Uta dan memberikan persembahan bagi lelehur bagi pasangan yang baru yang memperoleh keturunan pertama/Soro Laku.

Source http://pariwisata.serverjogja.com/home http://pariwisata.serverjogja.com/objek/250-kampung_lamariang
Comments
Loading...