Kampung Cina Bengkulu

0 513

Lokasi Kampung Cina Bengkulu

Kampung Cina Bengkulu terletak di Jalan Panjaitan Kelurahan Malabero Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu.

Kampung Cina Bengkulu

Kampung Cina ini sudah ada sejak masa penjajahan Bangsa Inggris yang berusaha menguasai perdagangan lada sekitar tahun 1600-an. Sejak diizinkannya masuk oleh kongsi dagang Inggris East India Company (EIC) inilah berbondong-bondong warga keturunan Tionghoa semakin banyak yang tinggal di Kota Bengkulu, hal terjadi sekitar tahun 1689.

Tempat ini juga ada beberapa bekas peninggalan masa lalu seperti arkeologi berupa rumah-rumah yang dulu menjadi hunian bagi masyarakat setempat. Rumah-rumah tersebut juga memiliki arsitektur khas Cina yang begitu kental dan sangat asli. Di lokasi ini memang tidak terlalu banyak rumah yang memiliki arsitektur khas cina ini, saat ini hanya terlihat sekitar 20 rumah saja yang memiliki arsitektur seperti ini. Secara umum, rumah khas Cina ini terdiri dari dua lantai dan memiliki atap yang berbentuk melengkung ke atas serta memiliki bentuk badan rumah yang sedikit memanjang ke bagian belakang, layaknya rumah-rumah lama yang berada di negara Cina pada umumnya.

Layaknya rumah asli yang berada di Negara Cina, rumah di kampung ini juga memiliki hiasan terawangan dan biasa diletakkan di bagian atas jendela. Hiasan terawangan ini sendiri konon memiliki fungsi sebagai ventilasi udara yang tentunya untuk keluar masuk udara.

Seiring dengan berjalannya waktu, kondisi rumah di kampung cina ini juga mulai semakin berubah bentuk akibat berbagai renovasi yang hampir mengubah keseluruhan bentuk dari rumah cina yang khas. Namun sebagian warga juga ada yang tetap mempertahankan keasrian arsitektur rumah khas Cina ini.

Source https://www.tempat.co.id https://www.tempat.co.id/wisata/Kampung-Cina
Comments
Loading...