Kampung Adat Wologai Ende

0 166

Kampung Adat Wologai Ende

Kampung adat yang terletak di ketinggian 1.045 mdpl ini konon telah berusia lebih dari 800 tahun. Di gerbang masuk Wologai juga tumbuh pohon beringin yang dipercaya ditanam oleh leluhur, dan dibangun bersamaan dengan kampung ini. Walau sudah lebih dari 8 abad, namun bangunan di kampung ini masih terjaga sampai sekarang.

Keistimewaan lain di Kampung Adat Wologai adalah arsitektur bangunan yang berbentuk kerucut. Rumah-rumah dibangun berbentuk lingkaran dan terdapat tiga tingkatan, semakin ke atas maka pelataran semakin sempit seperti kerucut. Rumah-rumah di Kampung Adat Wologai dibangun mengitari Tubu Kunga, tempat untuk meletakkan persembahan.

Rumah di Kampung Adat Wologai dibagi menjadi tiga yaitu rumah adat. rumah suku, dan rumah besar. Rumah Suku dipakai untuk menyimpan benda pusaka atau peninggalan milik suku, sedangkan rumah besar hanya ditempati saat berjalannya ritual adat. Atap rumah adat berbentuk menjulang mempunyai filosofi yang berhubungan dengan kewibawaan ketua-ketua adat yang dipandang lebih tinggi dari masyarakat adat biasa.

Di setiap rumah adat kampung ini terdapat bagian kolong rumah atau lewu yang digunakan untuk ternak babi dan ayam, ruang tengah sebagai tempat tinggal, serta loteng sebagai tempat menyimpan peralatan untuk upacara adat.

Source https://travelingyuk.com https://travelingyuk.com/kampung-adat-wologai-ende/132190/
Comments
Loading...