Kampoeng Lawas Maspati Surabaya

0 47

Kampoeng Lawas Maspati Surabaya

Di Kampoeng Lawas Maspati Surabaya, akan terasa waktu seakan terhenti di kawasan ini. Banyak rumah-rumah dengan gaya arsitektur sejak jaman penjajahan Belanda yang masih terjaga bentuk aslinya. Tentu sudah ada perbaikan disana-sini oleh penghuninya, sehingga orsinalitas bangunan tidak bisa dipastikan. Akan tetapi, kesadaran warga Kampoeng Lawas Maspati Surabaya untuk menjaga warisan leluhur sangat terasa dengan tidak berubahnya gaya arsitektur asli rumah-rumah ini. Salah satu bangunan tempo doele di Kampoeng Lawas Maspati Surabaya ini adalah bekas sekolah jaman Belanda Ongko Loro, atau sekolah desa.

Konon katanya, Kampoeng Lawas Maspati Surabaya bahkan berusia lebih tua dari jaman penjajahan Belanda, yakni jauh mundur kejaman Kerajaan Mataram. Barangkali diperlukan ekskavasi untuk membuktikannya, tapi cerita yang beredar menyatakan bahwa ada istal atau kandang kuda kerajaan di Kampoeng Lawas Maspati Surabaya. Meskipun demikian, ada saksi bisu yang berasal dari jaman Mataram ini, yaitu suatu rumah yang dahulunya menjadi kediaman ndoro mantri. Siapa ndoro mantri ini? Beliau adalah Raden Soemomihardjo, seorang pembesar Keraton Surakarta. Ndoro mantri adalah julukan warga Kampoeng Lawas Maspati Surabaya kepada tokoh pembesar kerajaan ini. Dua bangunan tempo doeloe ini hanya beberapa saja dari sekian rumah di Kampoeng Lawas Maspati Surabaya.

Misalnya, bangunan yang dulunya adalah pabrik roti Haji Iskak. Bangunan tempo doeloe ini berubah fungsi menjadi dapur umum saat pertempuran 10 November. Nah, Dolaners bisa bawa kamera ke Kampoeng Lawas Maspati Surabaya, tanya di mana lokasi Losmen Asti, trus langsung deh, ambil gambar-gambar detail unik atau tegel antik bangunan tempoe doele ini. Meskipun telah berfungsi menjadi losmen sejak 1958, bangunan bersejarah bagi kota Surabaya ini masih terjaga keunikannya sebagai bangunan lawas.Terjaganya bangunan-bangunan tempo doeloe di Kampoeng Lawas Maspati Surabaya menjadikan wilayah ini cagar budaya yang bisa jadi jujugan wisata.

Source https://dolandolen.com https://dolandolen.com/travel-directory/kampoeng-lawas-maspati-surabaya/
Comments
Loading...