Jembatan Merah Bogor

0 18

Jembatan Merah

Jembatan Merah usianya sudah 134 tahun. Bangunan ini didirikan tahun 1881 pada saat yang bersamaan dengan berdirinya Stasiun Bogor. Asal namanya berasal dari warna ketika jembatan ini didirikan. Bata yang dipergunakan berwarna merah, dari situlah namanya berasal.

Selain itu, jembatan ini pernah menyaksikan tumpahnya darah para pejuang Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Sama persis dengan kisah Jembatan Merah di Surabaya. Pejuang-pejuang Indonesia memasuki Kota Bogor melalui jembatan ini untuk menyerang markas tentara Belanda yang ada di Jalan Bantammerweg (sekarang Jalan Kapten Muslihat).

Pertempuran terjadi pula di atas jembatan ini dan pejuang Indonesia banyak yang gugur dalam pertempuran. Sejarah lucu pernah pula dialaminya. Pada masa orde baru dimana persaingan antar tiga partai politik yang ada, sempat membuat warna jembatan ini berubah berulang kali.

Sempat menjadi kuning, hijau, dan merah. Tiga warna yang mewakili partai-partai politik tersebut Hanya namanya yang tidak berubah, Jembatan Merah. Jadi, warga Bogor pada saat itu sering geleng-geleng kepala karena menyebut kata merah untuk sebuah jembatan yang berwarna hijau dan kuning. Hingga setelah runtuhnya rezim Orde Baru, warna jembatan dikembalikan ke asalnya, yaitu Merah. Warna yang terus dipertahankan hingga saat ini.

Source http://www.lovelybogor.com http://www.lovelybogor.com/jembatan-merah-panjang-sekali/
Comments
Loading...