Jembatan Gantung Tabang

0 107

Jembatan Gantung Tabang

Jembatan tersebut dibangun 1980-an, saat ini usianya lebih dari 30 tahun. Panjang jembatan gantung yang semi permanen ini 103 meter dengan lebar 200 centimeter, salah satu sepeda motor harus mengalah ketika berselisih jalan.

Sungai Belayan merupakan anak Sungai Mahakam yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Di sepanjang aliran sungai ini terdapat empat kecamatan.

Di muaranya ada Kecamatan Kota Bangun, ke arah hulu Kecamatan Kenohan, Kembang Janggut, dan Kecamatan Tabang merupakan daerah paling hulu di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Mengingat fungsi Jembatan Merdeka yang sangat vital bagi mobilitas warga terutama di tiga desa tersebut, maka warga berharap segera mendapat perhatian pemerintah untuk optimalisasinya.

Selama ini warga mengaku terpaksa melewati jalan tersebut karena tidak adanya akses lain. Ketika lewat, perasaan takut terkadang muncul, namun karena keadaan yang mengharuskan, maka mau tidak mau jembatannya harus dilewati.

Konstruksi jembatan ini sederhana, yakni bagian dasar jalan jembatan terbuat dari papan ulin setebal 2 centimeter yang kemudian disusun bergantung pada kekuatan dua lajur tali baja di bawahnya sebagai penopang.

Sedangkan di bagian atas juga terdapat dua lajur tali baja yang kemudian dihubungkan dengan tali baja ukuran lebih kecil setiap dua meter. Mereka yang boleh melintas di jembatan ini hanya pejalan kaki dan pengendara sepeda motor.

Source https://jembatanbersejah.blogspot.com https://jembatanbersejah.blogspot.com/2015/02/jembatan-gantung-tabang.html
Comments
Loading...