Jembatan Duwet Kulonprogo

0 289

Lokasi Jembatan Duwet

Jembatan Duwet terletak di Dusun Duwet, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang Kulonprogo.

Jembatan Duwet

Jembatan Duwet menjadi salah satu bangunan cagar budaya yang masih dijaga kelestariannya di wilayah Kulonprogo. Jembatan gantung yang dibangun pada sekitar tahun 1930 itu kini dimanfaatkan sebagai jalan alternatif menuju Magelang, Jawa Tengah.

Jembatan dengan konstruksi baja ini membentang sepanjang 100 meter dengan lebar 1,5 meter sehingga tidak untuk dilalui kendaraan roda empat. Kendaraan roda dua pun harus melintas bergantian dengan sistem antre.

Jembatan Duwet pernah dirusak pada masa Agresi Militer Belanda II. Hal itu dilakukan oleh para pejuang untuk menghambat perjalanan pasukan Belanda. Jembatan itu kemudian direkonstruksi pada tahun 1959 di masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Peresmiannya ditandai dengan prasasti bertuliskan “BANGUNAN DJEMBATAN DUWET 25 Juni 2960”

Jembatan Duwet ditetapkan sebagai cagar budaya pada tahun 2008. Pemkab Kulonprogo kemudian melaksanakan program rehabilitasi fisik pada 2015 lalu. Upaya tersebut meliputi penggantian beberapa besi jembatan, pengecatan jembatan, penggantian lantai kayu, serta pemasangan tambatan angin sebagai pengaman. Jembatan Duwet bisa menjadi jalan pintas bagi masyarakat Kulonprogo yang ingin berkunjung ke Borobudur. Namun, bangunan cagar budaya itu sendiri juga layak dijadikan tujuan wisata. Jembatan Duwet bisa menjadi destinasi wisata baru di Kulonprogo, khususnya wisata sejarah.

Source Jembatan Duwet KulonProgo jawa tengah
Comments
Loading...