Jembatan Cikacepit Pangandaran

0 150

Lokasi Jembatan Cikacepit

Jembatan Cikacepit yang merupakan akses kereta api Banjar- Pangandaran, yang berada di Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa barat.

Jembatan Cikacepit

Jembatan Cikacepit belum lama ini, tampak sudah tidak terlihat rel kereta api di sepanjang jembatan tersebut. Yang tersisa, hanya besi penyangga jembatan yang masih berdiri kokoh meski usianya sudah uzur. Menurut keterangan warga sekitar, rel kereta api yang berada di sepanjang jembatan Cikacepit raib akibat tangan jahil manusia. Semenjak kereta api Banjar – Pangandaran tidak beroperasi, seolah jembatan itu sudah tidak bertuan. Akibatnya, marak pencurian besi rel kereta api oleh oknum-oknum tertentu.

Jembatan Cikacepit ini dibangun pada tahun 1811 oleh pemerintah kolonial Belanda. Selain membangun jembatan itu, pada waktu yang sama pun Belanda membangun dua terowongan kereta api di jalur Banjar- Pangandaran.

Jembatan Cikacepit memiliki panjang sekitar 1250 meter dengan ketinggian dari bawah ke atas kurang lebih sekitar 100 meter. Jembatan Cikacepit ini merupakan jembatan kereta api terpanjang di Indonesia. “Kondisi jembatan ini semakin memprihatinkan setelah puluhan tahun jalur Kereta Api Banjar- Pangandaran tidak beroperasi.

Jembatan Cikacepit terbuat dari rangka besi baja berwarna perak tanpa pelindung di sisi kiri dan kanannya. Jembatan ini ditopang pilar batu yang diplester semen, sedangkan di bagian tengah ditopang oleh tiang-tiang besi. Dari atas jembatan, terlihat jelas aliran air dari selokan Cikacepit. Di barat daya dan selatan jembatan Cikacepit terbentang tinggi pegunungan dengan lembah-lembahnya yang curam.

Source Jembatan Cikacepit Pangandaran Jawa Barat
Comments
Loading...