Jembatan Belanda di Ampah Kota

0 95

Jembatan Belanda di Ampah Kota

embatan ini terletak di wilayah kelurahan Ampah Kota, Kec. Dusun Tengah, Kab. Barito Timur, Prov. Kalimantan Tengah. Jembatan Belanda adalah Jembatan yang sudah lama di bangun pada jaman penjajahan Belanda, dan merupakan bukti sejarah perjajahan di Indonesia.

Jembatan yang terbuat dari kayu ulin ini masih berdiri kokoh di atas sungai Karau, meskipun faktanya jembatan ini masih kurang perawatan, kalau saja jembatan ini bukan di buat dari kayu ulin atau yang di kenal dengan kayu besi Kalimantan pasti nya sudah roboh. Itulah yang kami lihat.

Jembatan yang memiliki atap ini merupakan jalan untuk penyebrangan melintasi Sungai Karau, salah satu sungai anak sungai barito yang ada di kabupaten Barito Timur., meskipun sekarang sudah ada jembatan lain untuk menyebrang.

Menurut Sejarahnya penduduk Ampah pada jaman terpisah menjadi dua oleh Sungai Karau, jadi pemerintah Kolonial Belanda membangun jembatan tersebut untuk kelancaran beraktifitas. Memang tidak ada data sejarah siapa yang mendesain jembatan tersebut, serta aakah yang membuatnya orang belanda atau masyarakat yang di jajah.

Source http://sangkaicity.blogspot.com http://sangkaicity.blogspot.com/2019/01/jembatan-belanda-di-ampah-kota.html
Comments
Loading...