Jembatan Barelang Batam

0 33

Jembatan Barelang Batam

Jembatan Barelang ini merupakan salah satu nama yang sangat tidaklah asing lagi bagi masyarakat Kota Batam. Bukan cuma penduduk pada Pulau Batam, tetapi juga bagi para turis-turis lokal dan juga turis dari mancanegara. Lokasi tempat Jembatan Barelang ini hanya terletak kurang lebih sekitar 20 kilometer saja jika dari pusat Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, di Indonesia.

Jembatan Barelang ini juga terdiri dari sekitar 6 buah jembatan yang saling menghubungkan buah pulau yang besar dan juga beberapa pulau-pulau yang berukuran kecil yang juga termasuk di Provinsi Kepulauan Riau. Nama Jembatan Barelang ini juga merupakan sebuah kepanjangan dari Batam Rempang dan juga Galang. Batam merupakan Kota, Rempang merupakan desa sedangkan Galang merupakan sebuah kecamatan.

Jembatan yang satu ini dibangun sekitar tahun 1992 dan juga selesai sekitar tahun 1998, pemrakarsa jembatan ini ialah Bapak B.J Habibie yang pada waktu menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan juga Teknologi. Pembangunan jembatan yang satu ini menghabiskan biaya pembangunan sekitar Rp 400 miliar. Biaya yang digunakan memang tampak sangatlah sebanding apabila kita dilihat dari kemegahan dan juga sstruktur bangunan jembatan yang berdiri sangat kokoh hingga sampai sekarang ini.

Jembatan ini memilki panjang sekitar 2.264 meter. Jembatan ini juga terdiri dari sekitar enam rangkaian jembatan yang pada masing-masingnya juga diberikan nama dengan nama para raja yang pada saat itu pernah berkuasa ketika zaman Kerajaan Melayu Riau sekitar abad 15 hingga 18 Masehi.

Inilah beberapa tempat wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi pada saat kamu jalan-jalan ke Kota Batam. Tempat-tempat sejarah ini mempunyai cerita sejarah masing-masing serta daya tarik dan juga keunikan tersendiri yang menjadikan tempat ini sangatlah unik. Pada tempat-tempat ini kamu juga bisa menambah wawasan sejarah kamu mengenai sejarah Kota Batam maka tidak ada salahnya jika kamu berkunjung kebeberapa tempat ini. Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat buat kamu.

Source https://hello-pet.com https://hello-pet.com/wisata-sejarah-kota-batam-2044466
Comments
Loading...