Jalur kereta api Lubuk Pakam–Bangun Purba

0 99

Jalur kereta api Lubuk Pakam–Bangun Purba

Jalur kereta api Lubuk Pakam-Bangun Purba adalah jalur kereta api nonaktif yang menghubungkan Stasiun Lubuk Pakam dengan Stasiun Bangun Purba. Lintas kereta api sepanjang 27,936 km ini dibangun mulai tahun 1901 oleh Deli Spoorweg Maatschappij (DSM) dan diresmikan untuk digunakan pada tanggal 10 April 1904.

Jalur kereta api dengan lebar sepur 1,067 m ini ditutup kurang-lebih pada tahun 1970-an. Bekas-bekas bangunan stasiun maupun jembatan kereta api sebagian masih dapat dilihat, akan tetapi kebanyakan relnya sudah lenyap. Demikian pula sistem komunikasi, persinyalan, dan lain-lain tanda-tanda lalu lintas.

Jalur kereta api Lubuk Pakam-Bangun Purba dibangun sebagai bagian dari sarana dan prasarana pengangkutan komoditas perkebunan dari pedalaman menuju Medan, dan akhirnya ke Belawan sebagai pelabuhan kapal-kapal dagang untuk mengekspor hasil bumi ke luar negeri. NV. Deli Spoorweg Maatschappij –yang membangun jalur ini– didirikan pada 1883 atas inisiatif J.T. Cremer, pada saat itu administratur pada perusahaan perkebunan tembakau yang sangat terkenal di Sumatra Timur, Deli Maatschappij (DM).

Hingga akhir 1890, DSM telah membangun jalur-jalur kereta api yang menghubungkan Medan dengan bandar-bandar pengekspor hasil bumi seperti Labuhan di tepi Sungai Deli, dan Belawan. Dan sebaliknya, juga menghubungkan kota Medan dengan wilayah-wilayah pedalaman penghasil aneka komoditas perkebunan seperti Binjai dan Selesai di Langkat, Deli Tua, ke timur hingga Serdang, Lubuk Pakam dan Perbaungan.

Jalur cabang Lubuk Pakam hingga ke Bangun Purba mulai direalisasikan dengan besluit Pemerintah Kolonial No. 25, tgl. 13 Juli 1901. Berselang tiga tahun masa pembangunan, jalur ini resmi digunakan pada tanggal 10 April 1904.

Source https://id.wikipedia.org https://id.wikipedia.org/wiki/Jalur_kereta_api_Lubuk_Pakam%E2%80%93Bangun_Purba
Comments
Loading...