Jalan Mgr Sugiyopranoto, Persembahan untuk sang Pastur

0 141

Jalan Mgr Sugiyopranoto, Persembahan untuk sang Pastur

Jalan Mgr Sugiyopranoto merupakan salah satu jalan yang ada di Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Jalan ini berada di belakang Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Malng.

Nama jalan ini diambil dari nama Pahlawan Nasional Mgr Albertus Soegijapranata yang merupakan seorang Pastur alias pemuka agama Katolik. Ia lahir di Semarang, 25 November 1896 dan meninggal di Belanda, 22 Juli 1963. Sebelum menjadi Uskub Agung pertama dari kalangan pribumi, ia merupakan seorang Vikaris Apostolik Semarang. Namanya sangat lekat dengan Kota Malang, karena Sugiyopranoto pada usia 44 tahun dikonsekrasi Mgr Petrus Willekens pada 6 Oktober 1940 di Gereja Rosario Suci di Randusari, didampingi oleh Vikaris Apostolik Malang, Mgr Antoine Everard Jean Avertanus Albers, O. Carm (yang bergelar Uskup Tituler Thubunae di Numidia), dan Vikaris Apostolik Palembang, Mgr Henri Martin Mekkelholt, S.C.J. (yang bergelar Uskup Tituler Athyra).

Jalan Mgr Sugiyopranoto membentang melingkar dari arah selatan ke utara, lalu ke barat. Jalan masuk menuju jalan ini hanya ada dua, yakni Jalan Merdeka Utara (dari barat ke timur lalu belok kiri tepat di depan Alun-alun Mall/Ramayana) dan Jalan Aris Munandar (dari timur lalu belok kanan ke utara di pertigaan pojok utara Alun-alun Mall/Ramayana).

Dari pertigaan depan pintu masuk Alun-alun Mall/Ramayana hingga pertigaan pojok utara pusat perbelanjaan tersebut arus lalu lintas Jalan Mgr Sugiyopranoto dibuat dua arah. Sementara itu, dari pertigaan pojok utara Alun-alun Mall/Ramayana hingga tikungan ke barat yang berakhir di sisi utara Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Malang, arus lalu lintasnya dibuat searah ke barat.

Jalan Mgr Sugiyopranoto berujung di sebuah persimpangan jalan antara Jalan Mojopahit dan Jalan Basuki Rahmat, ditandai dengan adanya Monumen Chairil Anwar dan tulisan Kayutangan. Di persimpangan jalan tersebut, Anda bisa belok kanan ke Jalan Mojopahit, belok kiri ke depan Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Malang (juga Jalan Basuki Rahmat), atau melintasi persimpangan jalan membelah ruas timur Jalan Basuki Rahmat, lalu belok kanan menuju ke utara (ruas barat Jalan Basuki Rahmat).

Meski berada di kawasan perdagangan, tak banyak tempat usaha yang ada di Jalan Mgr Sugiyopranoto ini. Kawasan perdagangan terpusat di jalan bagian utara dekat persimpangan Jalan Mojopahit dengan Jalan Basuki Rahmat. Di antaranya ada Rohmaniah Cell, Taylor 24, Gabrielle, Tahu Telor Bu Ning, dan lain-lain. Selain itu terdapat kantor Kelurahan Kiduldalem, gedung BPR Artha Senapati, dan gedung Pertemuan Krida Sasana Budaya, gedung Bank Indonesia, dan lain-lain.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/malangan/
Comments
Loading...