Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gerbang Kawasan Bersejarahnya Malang

0 30

Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gerbang Kawasan Bersejarahnya Malang

Jalan Jaksa Agung Suprapto, atau yang biasa disingkat Jalan Jagung Suprapto masuk area Celaket, yang merupakan salah satu kawasan berserjarah di Kota Malang sejak zaman pendudukan Hindia-Belanda. Jalan tersebut bisa juga disebut sebagai gerbang masuk menuju kawasan Kayutangan yang berada di sebelah selatannya.

Dari Jalan Letjend Sutoyo, tepatnya di Malang sebelah utara, Anda akan menemui sebuah perempatan yang sering disebut perempatan Kaliurang oleh masyarakat Malang. Perempatan ini merupakan perpotongan Jalan Letjend Sutoyo (utara), Jalan Kaliurang (barat), Jalan WR Supratman (timur), dan Jalan Jaksa Agung Suprapto (selatan). Tepat di sisi selatan perempatan terdapat papan nama jalan tersebut.

Tak kalah dengan kawasan Kayutangan, sepanjang jalan ini banyak terdapat bangunan bersejarah yang sudah ada sejak zaman penjajahan silam. Sebut saja Rumah Sakit dr. Saiful Anwar, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara, dan SMAK Cor Jesu. Selain itu, sepanjang Jalan Jaksa Agung Suprapto ini masih didominasi oleh tempat usaha dan pertokoan. Deretan hotel megah juga ada di kawasan ini seperti Hotel Mutiara, Trio Indah I, Malang Regent’s Park, dan Kartika Graha. Kantor Kepolisian Resor Malang Kota (Polres Makota).

Berjalan sekitar 200 mater dari perempatan Kaliurang Anda akan menemui sebuah pertigaan jalan yang jika belok ke kiri (timur) akan menuju ke Jalan Dr. Cipto. Tak jauh dari pertigaan kecil itu, Anda akan bertemu dengan pertigaan lagi, yang jika belok ke kiri (timur) akan sampai ke Jalan Pattimura (menuju ke kawasan Lapangan Rampal).

Selepas RSUD Saiful Anwar, Anda akan melewati sebuah jembatan tua namun penampilannya diperbarui oleh Pemerintah Kota Malang, yang biasa disebut Jembatan Celaket. Di timur jalan sebelum jembatan yang melintasi Sungai Brantas itu Anda bisa menjumpai Kampung Putih Celaket, sebuah kampung tematik yang memikat dengan nuansa cat putihnya.

Jalan Jaksa Agung Suprapto ini berakhir di sebuah pertigaan lampu merah, yang biasa disebut pertigaan PLN oleh masyarakat. Dari pertigaan tersebut, jika ke barat Anda akan menuju ke kawasan Oro-oro Dowo, dan ke selatan memasuki kawasan Kayutangan. Tepat di pojokan sebelah barat pertigaan itu juga terdapat pertokoan tua yang dikenal dengan Toko Avia. Sementara di seberang jalan sebelah selatannya terdapat Hotel Trio Indah II yang juga penuh sejarah.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2018/06/11/jalan-jaksa-agung-suprapto-gerbang-kawasan-bersejarahnya-malang/
Comments
Loading...