Istana Raja Amarasi NTT

0 193

Lokasi Istana Raja Amarasi

Istana Raja Amarasi terletak di Teunbaun, Amarasi Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Istana Raja Amarasi

Istana adalah tempat kediaman raja yang berkuasa di sebuah/ suatu wilayah kerajaan di masa kerajaan dulu turun temurun dan demikian juga dengan istana Amarasi adalah tempat kediaman raja yang berkuasa di Kerajaan Amarasi. Perlu kita ketahui bahwa di bekas Kerajaan Amarasi terdapat beberapa Istana Peninggalan para raja yang berkuasa tempo dulu hingga sekarang. Namun sebagian besar istana tersebut kini hanya nama kemegahan bangunan istananya sudah tidak berbekas lagi. Selain Istana adalah tempat tinggal Raja, juga sebagai pusat informasi budaya, politik dll.

Sonaf / Istana Raja Amarasi waktu dulu dikelilingi oleh 6 ketemukungan (Desa sekarang), yang disebut Uim Ne’e/ Uim = Umi = Rumah. Ne’e = 6 dimana ke- 6 Temukung tersebut berfungsi sebagai benteng perlindungan yang melindungi Raja / Istananya dari serangan musuh, pengacau, orang asing yang bahasa lokalnya disebut Kase / Orang Asing dalam kerajaan juga dilindungi oleh panglima – panglima perang (MEO). Istana – istana yang pernah ada dalam Kerajaan Amarasi, selalu menghadap Utara dan Selatan karena menurut ceritanya kepercayaan orang tua – tua dulu adat Amarasi.

Utara (PONAIN) adalah sumber kesejukan dan pada saat Raja berada dalam Istana selalu mengambil keputusan dengan bijaksana karena Ponain (arah datangnya udara/angin sejuk) menurut kepercayaan adat Amarasi.

Source http://pariwisata.serverjogja.com/home http://pariwisata.serverjogja.com/objek/238-istana_raja_amarasi
Comments
Loading...