Istana Kuning Pangkalbun

0 90

Lokasi Istana Kuning

Istana Kuning terletak di Raja, Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah 74112.

Istana Kuning

Istana Kuning adalah istana kedua yang didirikan di Kalimantan Tengah setelah Istana Al Mursari di Kotawaringin Lama. Istana yang merupakan kebanggaan sejarah dan budaya Islam di Kalimantan Tengah ini didirikan oleh Pangeran ke-9 dari Kerajaan Kutaringin yang bernama Imanudin, beliau menjabat sejak tahun 1811 – 1841.

Istana Kuning merupakan Istana Kerajaan pada masa Kesultanan Kutaringin. Lokasinya berada di tengah kota Pangkalanbun dan bersebelahan dengan lapangan tugu. Istana Kuning terdiri dari empat bangunan yaitu: Bangsal (tempat penerimaan tamu kerajaan), Rumbang (tempat raja bersemedi), Dalem Kuning (pusat pemerintahan, dan tempat tinggal raja), dan Pedahiran (ruang makan kerajaan).

Pada tahun 1986 istana yang terkenal dengan pintu kerajaan berwarna kuning itu di bakar oleh seorang wanita gila bernama Draya dan tidak meninggalkan satu barang pun. Hingga saat ini, replika istana yang telah selesai di bangun kembali pada tahun 2000 masih setia menunggu kembali di isi oleh Ditjen Purbakala Departemen Kebudayaan dan Pariwisata di setiap ruangannya.

Akses Menuju Istana Kuning

Untuk menuju ke tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Bandar Udara Iskandar yang terdapat di Kota Pangkalan Bun. Bila ingin ke tempat ini kita dapat menyewa taksi yang berada di Bandar udara menuju pusat kota Pangkalan Bun yang hanya berjarak sekitar 10 Km.

Source Istana Kuning Pangkalbun Kalteng
Comments
Loading...