Istana Kantor Riau

0 334

Lokasi Istana Kantor

Istana Kantor terletak di kawasan Pulau Penyengat, Kota Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Istana Kantor

Istana Kantor merupakan istana yang dimiliki oleh Yang Dipertuan Muda Riau VIII Raja ALI pada tahun 1844 hingga 1857. Banyak yang mengenal Istana Kantor dengan sebutan Mahrum Kantor. Dengan luas yang mencapai 1 hektar, bangunan ini termasuk istana kompleks diman berfungsi sebagai kediaman dan juga kantor.

Kediaman ini merupakan keidaman dari Raja Ali dan juga berserta kerabatnya. Tak hanya itu istana ini juga berfungsi sebagai kediaman dari bangsawan. Sedangkan pada tahun 1844 istana ini juga berfungsi sebagai kantor dari Raja Ali.

Sebagaian dari bangunan yang sudah hancur, dan sebagaian masih dalam bentuk bangunan dan puing yang memperlihatkan kekokohanya. Pintu gerbang dari istana masih berdiri kokoh dengan pagar tembok yang mengelilingi Istana Kantor ditambah dengan menara pengintai. Untuk bangunan utama merupakan bangunan dengan dua tinggat dan menjadi kantor.

Bangunan yang berdiri dengan kokoh adalah bangunan utama, bangunan utama dengan dua lantai yang menjadi awalmula kantor Raja Ali. Dari seluruh bangunan hanya dibatasi dengan tembok keliling dengan tiga pintu masuk dari arfa barat, timur dan utara. Sedangkan untuk pintu gapura berfungsi sebagai gapura penjagaan dan pengintaian.

Sejarah Istana Kantor

Istana Kantor terletak di Pulau Penyengat yang merupakan pulau kebanggaan yang dimiliki oleh Kepulauan Riau di Tanjungpinang. Pulau ini kaya akan situ peninggalan sejarah dari Kerajaan Riau. Sehingga pemerintah mengembangkan potensi yang dimiliki pulau untuk menarik wisatawan agar mengenal Istana Kantor.

Pada tahun 1719 pulau ini menjadi tempat pertahanan untuk Raja Kecil dimana ia akan melawan serangan yang berasal dari Hulu Riau oleh Tengku Sulaiman. Sedangkan pada tahun 1782 hingga 1784 mendirikan benteng untuk mengahadapi serangan dari Belanda.

Tahun 1844 hingga 1857 Istana Kantor menjadi tempat tinggal untuk Raja Ali beserta kerabat dan keluarganya dengan sebutan Marhum Kantor. Bangunan yang berdiri kokoh ini merupakan bangunan utama dengan dua lantai yangberfungsi sebagai kantor dari Raja Ali.

Source Istana Kantor Riau Kepulauan Riau
Comments
Loading...