Istana Damnah Riau

0 95

Lokasi Istana Damnah

Istana Damnah terletak di dalam hutan belantara yang ada di kampung Damnah, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

Istana Damnah         

Dahulu, Istana Damnah ini terbilang sangat megah pada masanya. Tentu saja itu karena akan menjadi tempat tinggal seorang Sultan. Namun, semua hanya tinggal kenangan karena yang masih tersisa dan dapat dilihat oleh pengunjung sekarang ini hanyalah nampak muka tangga beserta sebagian tiang tembok pagar yang bahan penyusunnya terbuat dari batu bata.

Istana ini dahulu dibangun oleh Raja Muhammad Yusul Al – Ahmadi, Yang Dipertuan Muda Riau X pada masa periode 1857 sampai dengan 1899 M. Tepatnya, beliau mendirikan istana damnah ini pada tahun 1860 M yang diperuntukkan sebagai kediaman Sultan Sulaiman Badrul Alam Syah II yang pada sebelumnya tinggal di Istana Kota Baru.

Nama istana itu sendiri berasal dari nama kampung Damnah yang sekaligus menjadi tempat dibangunnya istana bersejarah ini. Sehingga lahirlah istana dengan nama yang sama, yaitu Damnah sebagai tempat kediaman Sultan Sulaiman Badrul Alam Syah II di masa lalu dan dimanfaatkan sebagai cagar budaya pada saat ini.

Fasilitas di Istana Damnah

Selain karena tempatnya yang berada di desa, ditambah agak masuk ke dalam atau pelosok menyebabkan tidak akan ditemukan banyak fasilitas pendukung yang berada atau tersebar di area sekitar cagar budaya ini.

Source Istana Damnah Riau Riau
Comments
Loading...