Istana Air Tamansari Yogyakarta

0 232

Lokasi Istana Air Tamansari Yogyakarta

Jl. Taman Yogyakarta Kota / Kraton Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Sejarah Istana Air Tamansari

Istana Air (water castle) Taman Sari ini merupakan salah satu situs budaya, peninggalan sejarah jaman kerajaan di Yogyakarta. Tempat ini dulunya merupakan tempat rekreasi dan tempat permandian bagi keluarga kerajaan sekaligus sebagai benteng pertahanan yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Istana Air Taman Sari merupakan salah satu cagar budaya di Yogyakarta yang telah menjadi tempat wisata budaya yang cukup populer di Kota Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari Keraton Yogyakarta dan alun-alun Selatan.
Tiket masuk ke Istana Air Taman Sari ini sebesar 3.000 Rupiah untuk wisatawan lokal dan 7.000 Rupiah untuk wisatawan asing dan biasanya juga di depan pintu masuk utama, anda akan menemui beberapa orang yang menawarkan jasa sebagai pemandu wisata/tour guide untuk wisata di Taman Sari. Konon, Taman Sari dibangun bekas keraton lama,merupakan Pesanggrahan Garjitawati, yang didirikan oleh Susuhunan Paku Buwono II sebagai tempat istirahat kereta kuda yang akan pergi ke Imogiri.

Seluruh biaya pembangunan ditanggung oleh Bupati Madiun, Tumenggung Prawirosentiko, besrta seluruh rakyatnya. Oleh karena itu daerah Madiun dibebaskan dari pungutan pajak. Di tengah pembangunan pimpinan proyek diambil alih oleh Pangeran Notokusumo, setelah Mangundipuro mengundurkan diri. Walaupun secara resmi sebagai kebun kerajaan, namun bebrapa bangunan yang ada mengindikasikan Taman Sari berfungsi sebagai benteng pertahanan terakhir jika istana diserang oleh musuh. Konon salah seorang arsitek kebun kerajaan ini adalah seorang Portugis yang lebih dikenal dengan Demang Tegis.

Source Istana Air Tamansari Yogyakarta DIY
Comments
Loading...