Inna Bali Hotel

0 22

Inna Bali Hotel

Inna Bali Hotel terletak di jantung Kota Denpasar tepatnya di jalan Veteran No.3 Denpasar. Situs ini termasuk wilayah Kelurahan Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur, Pemerintah Kota Denpasar. Secara geografis lokasi hotel berada pada koordinat 80 39’ 17.10 LS 1150 12’ 59.85” BT dan dengan ketinggian 31 mdpl.

Kompleks Hotel Inna Bali terbagi menjadi dua, sebagian terletak di sebelah timur (kanan) dan sebagian lagi terletak di sebelah barat jalan (kiri). Hotel yang disebelah kanan jalan termasuk wilayah Banjar Sadmerta dengan batas-batas: di sebelah barat Jalan Veteran, di sebelah selatan Kantor Jaya Sabha, di sebelah utara jalan Durian dan di sebelah timur Jalan Kaliasem. Hotel yang di sebelah kiri jalan termasuk wilayah Banjar Longan dengan batas-batas: di sebelah barat Jalan Kresna, di sebelah selatan Kantor Bank Mandiri, di sebelah utara Jalan Karna, dan di sebelah timur Jalan Veteran.

Hotel di abgian barat jalan dibangun dengan model arsitektur Eropah terutama tampak pada bangunan lobby dan kantor depan, dapur, ruang makan, dan kamar tidur (penginapan). Hotel yang terletak di bagian timur jalan terdiri atas beberapa bangunan antara lain gedung serba guna dan kamar tidur. Pada hotel ini terdapat kamar istimewa (suite room) yaitu kamar no.77 yang merupakan tempat peristirahatan Presiden RI I Soekarno.

Sekarang ini Inna Bali Hotel dilengkapi beberapa fasilitas antara lain (1) 71 kamar yang terdiri atas 47 kamar standard, 22 kamar superior, 2 kamar suite, (2) ruang meeting meliputi: Puri Agung (Ball room), Parwati Room, Pendopo Room, (3) Restaurant & Bar meliputi: Taman Tirta Restaurant, Food Court Inna Bali, Tirta Bar, (4)Fasilitas Rekreasi berupa Swimming Pool, dan Amanda’s (Reflexiology & Beauty Salon), serta (5) fasilitas lain berupa laundry & Dry Cleaning, Money Changer, Travel Agent, dan tempat parkir.

Inna Bali Hotel mencerminkan kearifan lokal di bidang iptek dan ekonomi. Kearifan di bidang iptek ditunjukan oleh gaya arsitektur bangunan ini adalah model arsitektur Eropa (Balisering) dengan ciri-ciri: rangka dengan balok-balok kayu yang utuh, ukuran bangunan seperti jendela, pintu, dan langit-langit yang besar dan luas, dan tembok disusun dari pasangan batu ganda. Selain itu, Inna Bali Hotel merupakan bangunan pertama kali dibuat untuk akomodasi wisata yang bertujuan komersial. Cagar Budaya ini benar-benar dibuat untuk tujuan ekonomi yakni menyediakan sarana akomodasi wisata guna menunjang kunjungan wisatawan yang pada awalnya dicanangkan oleh pemerintah Belanda dan dilanjutkan oleh Indonesia setelah masa kemerdekaan. Inna Bali Hotel sudah di inventarisasi oleh Balai Pelestarian cagar Budaya Bali sebagai salah satu upaya pelestarian warisan budaya.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/inna-bali-hotel/
Comments
Loading...