Indraloka Family Homestay Yogyakarta

0 103

Lokasi Indraloka Family Homestay

Homestay ini terletak di Jalan Cik Di Tiro No. 18 Kelurahan Terban, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi homestay ini berada di pojok pertigaan ke Sagan atau pertemuan antara Jalan Cik Di Tiro dengan Jalan Kartini.

Sejarah Indraloka Family Homestay

Menurut catatan dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, bangunan Indraloka Family Homestay ini dulunya merupakan rumah milik orang Belanda yang bernama Van der Vin, yang dibangun pada tahun 1930.

Pada waktu ibu kota Republik Indonesia pindah ke Yogyakarta, rumah tersebut pernah menjadi rumah dinas Dr. Prawoto Mangkusasmita, salah seorang anggota parlemen dari Partai Masyumi. Setelah ibu kota Republik Indonesia balik kembali ke Jakarta, rumah tersebut berada di bawah kewenangan Jawatan Perumahan Yogyakarta. Pada tahun 1960 rumah tersebut dibeli oleh Moerdiyono Danoesastro. Setelah menjadi milik Moerdiyono Danoesastro, pada tahun 1970 fungsi bangunan rumah tersebut dirubah menjadi homestay.

Karakteristik Bangunan Indraloka Family Homestay

Indralka Family Homestay (tampak dari depan)

Homestay ini sampai sekarang masih mempertahankan bentuk bangunan aslinya yang bergaya Indis di mana antara tradisional khas Jawa yang dibalut dengan gaya khas Eropa. Rumah yang menghadap ke arah barat dan selatan ini memiliki dua lantai dengan balkonnya yang khas. Keunikan yang lainnya adalah memiliki atap bangunan yang sangat curam. Awalnya atap tersebut terbuat dari sirap, akan tetapi sekitar tahun 2005 sirap tersebut diganti dengan genteng dengan alasan untuk mempermudah perawatan dan pemeliharaan.

indraloka family home (bagian dalam)

Bila sedang berkunjung ke Kota Yogyakarta, sempatkanlah mengunjungi bangunan bergaya Indis ini. Anda  juga bisa menginap di homestay tersebut sekalian menikmati suasana tempo doeloe. Karena bangunan Indraloka Family Homestay ini telah menjadi Bangunan Warisan Budaya (BWB) dengan nomor 798/KEP/2009.

Source Indraloka Family Homestay Yogyakarta
Comments
Loading...