Situs Makam Syekh Mahmud Sumatera Utara

0 812

Lokasi Makam Syekh Mahmud

Makam Syekh Mahmud ini berada di Desa Penanggahan, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

Makam Syekh Mahmud

Makam Syekh Mahmud berada di Papan Tinggi, di atas ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai ke makam, perlu menaiki 710 anak tangga. Butuh waktu satu jam baru sampai ke makam. Ke sinilah kaum muslim di Barus dan sekitarnya berziarah setiap tahun, terutama pada bulan ramadhan.

Salah satu bukti sejarah ini adalah makam Syekh Mahmud di Barus. Syekh Mahmud adalah salah seorang penyebar masuknya Islam ke Indonesia pada Abad ke Enam. Makamnya ditemukan pada abad ke-13. Selain makam Syekh Mahmud ditemukan 43 batu nisa penyebar Islam lainnya di Barus. Semuanya bertuliskan aksara Arab dan Persia.

Selain itu, ketinggian makam itu dibanding 43 makam bersejarah lainnya, menjadi alasan terdahulunya kedatangan Syekh Mahmud ketimbang para penyebar Islam lainnya.

“Dulu, Barus sekarang ini laut dan pantainya di perbukitan itu (menunjuk Bukit Papan Tinggi sekira 200 meter di atas permukaan laut). Atau paling tidak dulunya daratan ini masih rawa-rawa dalam. Seiring dengan perubahan ekologis, laut atau rawa-rawa itu jadi daratan,” kata Djamaluddin. Bukti pendukung teori itu disebutkan banyaknya ditemukan batu karang di daratan Barus sekarang, jika penggalian dilakukan hanya semeter dari permukaan tanah.

Maka dari itu diperlukan fisik yang kuat untuk menuju makam Papan Tinggi ke makam Syekh Mahmud. Lebih seribu anak tangga harus dinaiki dan dirutuni.

Keunikan Makam Syekh Mahmud

Keunikan Makam Syekh Mahmud ada di anak tangga, apabila orang yang tidak tulus niatnya untuk menuju makam ini dipastikan tidak tercapai. Dan Sementara di sampaing makam Syekh Mahmud ada ditemukan beberapa makam namun tidak panjang, dan juga tidak ada batu nisannya. Sedangkan dibagian depan makam, ada sumur yang konon sumur tersebut jika dijumpai berisi air, maka akan banyak rezekinya.

Source Situs Makam Syekh Mahmud Sumatera Utara
Comments
Loading...