Hotel Selabintana Sukabumi

0 79

Lokasi Hotel Selabintana

Hotel Selabintana terletak dikaki Gunung Gede – Pangrango, 7 kilometer disebelah utara kota Sukabumi atau lengkapnya Jalan Selabintana KM 7, Sundajaya Girang, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43151.

Hotel Selabintana

Hotel Selabintana ditemukan oleh seorang berkembangsaan Belanda, bernama AAE Lenne (1853 – 1916). Hotel ini dibangun pada tahun 1900-an hingga kini masih menjadi ikon kota Selabintana. Wisatawan akan mendapatkan jejak sejarah peninggalan Belanda dengan latar belakang Gunung Gede – Pangrango.

Pada masa pemerintahan Belanda Sukabumi terkenal sebagai tempat Peristirahatan bagipetinggi perkebunan belanda. Pada saat itu belanda menjadikan Sukabumi sebagai pusat perkantoran untuk mengurus perkebunan yang tersebar di beberapa tempat.

Tempat peristirahatan yang dikelilingi perkebunan dan pemandangan indah gunung Gede Putri Pangrango mampu mencuri hati dan menjadi tempat favorit para petinggi perusahaan perkebunan belanda hingga dalam waktu singkat melihat perkembangan yang pesat Lene sang pendiri kemudian mengubah tempat istirahat ini menjadi sebuah hotel dengan nama Hotel Selabintana.

Pada tahun 1924 AAE Lene menyerahkan Hotel Selabintana kepada anaknya GE Lene (1897 – 1976). GE Lene kemudian mengangkat Losbakker menejer berkebangsaan belanda untuk mengelola Hotel Selabintana. Bakker berhasil meningkatkan kunjungan warga belanda ke Selabintana.

Source https://gpswisataindonesia.info/ https://gpswisataindonesia.info/2018/01/wisata-sejarah-di-kabupaten-sukabumi-jawa-barat/
Comments
Loading...