Hotel Pasar Baroe Bogor

0 349

Lokasi Hotel Pasar Baroe

Hotel Pasar Baroe terletak di Jalan Klenteng No. 88 RT.02 RW.07 Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Lokasi bangunan hotel ini berada di sebelah selatan rumah luitenant Lie Beng Hok, atau tepat berada di sebelah timur tempat sampah Pasar Bogor.

Hotel Pasar Baroe

Hotel Pasar Baroe merupakan salah satu hotel tua yang ada di Kota Bogor. Umurnya setara dengan Hotel Salak The Heritage yang cukup terkenal.

Sekarang bangunan hotel ini kosong. Yang menempati hanyalah orang-orang yang mengais rezeki di pasar tersebut, seperti pedagang kecil di pasar maupun buruh. Melihat sepintas bangunan ini terlihat tidak terawat dan terkesan dibiarkan saja oleh pemiliknya. Bahkan, sekarang telah terpampang sebuah spanduk warna kuning dan merah yang bertuliskan “DIJUAL”. Spanduk tersebut berasal dari Top Agent Properti.

Siapa sangka bahwa bangunan yang mau dijual ini, dulunya adalah bangunan Hotel Pasar Baroe yang lumayan terkenal di Kota Bogor pada waktu itu. Hotel Pasar Baroe ini dibangun bersamaan dengan Hotel Belavue dan Hotel Salak pada tahun 1873 oleh seorang Tionghoa bernama Tan Kwan Hong.

Hotel Pasar Baroe memiliki arsitektur perpaduan antara gaya Eropa dan Tiongkok yang bercorak arsitektur Indis, berdiri di atas lahan seluas 1,2 hektar serta berlantai dua. Dulu, hotel ini menjadi primadona bagi para pelancong yang mayoritas terdiri dari warga Tionghoa, Arab dan bumiputera, karena Hotel Salak dan Hotel Belavue ketika itu tergolong sangat mewah sehingga hanya dapat dinikmati oleh warga Belanda dan Eropa lainnya.

Konon, Hotel Pasar Baroe ini sudah dua kali berpindah tangan dari pemilik pertamanya. Awalnya hotel ini milik Tan Kwan Hong. Kemudian berpindah tangan dari keluarga Tan Kwan Hong yang sekarang tinggal di Jalan Perintis Kemerdekaan (Jl. Merdeka), hotel ini dijual kepada keluarga Lim dan Lie. Mereka adalah Lim Siang Yang, Lim Siang Yin, Lie Bun Kian dan Lie Bun Kwat. Ketiga orang yang disebut terakhir sudah meninggal dunia sehingga saat ini, Hotel Pasar Baroe diurus oleh Lim Siang Yang dan anaknya.

Source Hotel Pasar Baroe Bogor Bogor
Comments
Loading...