Hotel Padang

0 36

Hotel Padang

Akses ke Hotel Padang sangat mudah, karena lokasi situs berada di sisi jalan raya, dapat diakses dengan kendaraan roda dua atau lebih. Hotel Padang berada di sebelah Kantor Pelayanan Pajak Padang Satu. Letak Astronomis 0˚ 56’ 57.5” S 100˚ 21’ 49.0” E Deskripsi Historis Bangunan ini dibangun tahun 1926, pada awalnya merupakan rumah tinggal keluarga Ang Shia, salah seorang warga Cina kaya saat itu di Kota Padang. Kemudian pada tahun 1952 bangunan ii mulai dipergunakan sebagai penginapan/hotel.

Bangunan ini berdenah segi empat dengan atap berbentuk limas yang terbuat dari genteng. Seluruh arsitektur memperlihatkan bangunan colonial, diantaranya tembok dinding dengan ketebalan 30 cm, lantai masih asli yaitu lantai dari tegel dengan motif hias flora dan geometris khas belanda. Kesan bangunan tinggi sudah terasa ketika berada di ruang lobi dan juga melewati koridor. Pintu masuk berada di sisi barat. Setelah pintu masuk terdapat ruang lobi dan ruang receptionist. Masuk ke bagian dalam lagi terdapat koridor yang memisahkan ruangan-ruangan di sisi kiri kanannya.

Ruangan tersebut ruangan rapat/ball room/aula, kamar mandi. Keluar dari koridor terdapat restaurant dan kamar inap hotel, restaurant dan kamar inap merupakan bangunan baru. hal yang menarik perhatian adalah bangunan di bagian halaman depan di sisi utara, berupa seperti rumah dengan dua lantai. Lantai bawah hanya berupa ruangan dengan denah bujur sangkar dan juga terdapat akses tangga melingkar untuk naek ke lantai atas (dua). Di lantai atas memperlihatkan façade setengan lingkaran dan hanya berpa semacam balkon. Menurut pemilik hotel bangunan tersebut dibuat untuk acara minum teh. Pasca gempa tahun 2009, Hotel Padang ini hnya mengalami kerusakan 10 %, berupa dinding yang retak-retak.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...