Hotel Oranje Surabaya

0 49

Hotel Oranje

Hotel Oranje dan Hotel Yamato Hoteru, dibangun pada tahun 1910 oleh Sarkies Bersaudara dari keluarga Armenia yang terkenal dengan koleksi hotel besar, termasuk Raffles di Singapura, Strand di Rangoon dan Oriental di Penang.

Revolusi kemerdekaan Indonesia terjadi diseluruh nusantara dan selalu ditandai dengan perjuangan dan pertempuran melawan Belanda yang pada masa itu menjajah NKRI. Perjuangan tersebut didasarkan atas rasa cinta tanah air, nusa dan bangsa. Pasca Proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, ditetapkan sangsaka merah putih adalah bendera yang sah sebagai symbol kemerdekaan RI. Maklumat pemasangan bendera di seluruh Indonesia pada 31 Agustus 1945 dan ditetapkan pada 1 September 1945.

Namun berselang 18 hari kemudian tepatnya pada 18 September 1945, rombongan pasukan Belanda yang menginap di Hotel Yamato atau Hotel Oranje dengan sengaja memasang bendera Belanda di tiang bendera sisi utara Hotel. Kontan pada pagi harinya tepatnya 19 September 1945, arek-arek Surabaya sudah berkumpul di Jalan Tunjungan untuk memprotes tindakan pasukan belanda yang dengan sengaja memasang bendera Belanda di Hotel Yamato.

Perundingan dengan pihak Belanda yang dipimpin oleh Sudirman, yang dalam kedudukannya sebagai Pejabat dan Wakil Pemerintah Indonesia dengan Mr. W.V.Ch Ploegman menemui jalan buntu, sehingga emosi pemuda pun tak terelakkan, sebagian dengan susah payah menaiki Hotel Yamato dan berhasil merobek warna biru bendera Belanda, dengan diiringi pekikan “MERDEKA”, “MERDEKA”, “MERDEKA”, yang disambut dengan gempita oleh massa Rakyat yang berkerumun di bawah tiang bendera dan berada di depan Hotel Orange..

Tercatat dalam insiden penyobekan bendera Belanda di Hotel Orange tersebut telah gugur sebagai Kusuma Bangsa 4 (empat) orang Pemuda (Arek) Suroboyo yaitu Sdr. SIDIK, Sdr. MULYADI, Sdr. HARIONO dan Sdr. MULYONO. Sedangkan dari pihak Warga Belanda Mr. Ploegman tewas terbunuh oleh amukan massa ditusuk senjata tajam.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2013/12/23/wisata-sejarah-di-surabaya/
Comments
Loading...