Hotel Mutiara Salatiga

0 320

Lokasi Hotel Mutiara

Hotel Mutiara terletak di Jl. Langensuko 31 Salatiga, Jawa Tengah.

Hotel Mutiara

Sebagai sebuah kota pada masa kolonial, Salatiga juga mempunyai fasilitas hiburan bagi penduduknya. Bukti fasilitas hiburan ini sekarang masih ada berupa bangunan. Bangunan ini sekarang menjadi Hotel Mutiara. Bentuk bangunan sampai sekarang masih asli. Terdapat bangunan tambahan pada bagian samping bangunan utama. Hotel Mutiara berbentuk simetris dengan penggunaan gable pada fasade depan bangunan. Dibangun pada tahun 1810, bangunan ini sangat jelas menunjukkan ciri arsitektur kolonial.

Diantara bangunan-bangunan kolonial di salatiga hanya bangunan ini yang menggunakan unsur gable pada keseluruhan facade depan. Awalnya bangunan ini difungsikan sebagai tempat hiburan yang bernama Cafeesusited–Alhambrand dan Grasche. Berdasar kelangkaannya maka bangunan ini harus dilestarikan. Keberadaan bangunan ini juga menegaskan citra kawasan cagar budaya di Kota Salatiga.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/hotel-mutiara-salatiga-contoh-bangunan-tempat-hiburan-pada-masa-kolonial/
Comments
Loading...