Hostel Vogels Sleman

0 78

Lokasi Hostel Vogels

Bangunan Hostel Vogels berada di kawasan wisata Kaliurang. Secara administratif termasuk dalam Dusun Kaliurang, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY.

Hostel Vogels

Bangunan bergaya indis dan didirikan sekitar tahun 1930-an. Pada tahun 1946 bangunan tersebut dibeli oleh Perdana Menteri , Dr. Soekiman Wiryosanjoyo. Pada tahun 1950-an bangunan tersebut digunakan untuk mess bagi tentara Angkatan Udara. Pada tahun 1986 bangunan tersebut dibeli oleh Abdul Rosyid Tanaka.

Bangunan ini bergaya indis dengan ciri beratap rendah, teritisan menjorok ke depan dan struktur lantai yang rendah. Bangunan ini pada dasarnya berawal dari meniru ciri unsur rumah warga lokal, seperti ketinggian bangunan, keleluasaan ruang, kebutuhan sinar serta keteduhan dalam rumah. Hal ini tampak pada puncak atap terdapat uilendzolder, yaitu bangunan rumah-rumah kecil berbentuk seperti perujudan burung hantu untuk hiasan dan penyejuk ruangan.

Dinding plesteran bata pada bagian atas dan batu berornamentasi pada bagian bawah. Pintu dan jendela model panil kaca yang berwarna kuning muda berplisir hijau . Diatas pintu dan jendela terdapat ventilasi dengan bahan kaca patri. Sampai sekarang bangunan ini masih dalam kondisi asli, belum mengalami perubahan arsitektur dan pemanfaatannya tetap sebagai hotel atau penginapan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/hostel-vogels/
Comments
Loading...