Hiasan Relief Yaksa di Candi Sewu

0 71

Hiasan Relief Yaksa di Candi Sewu

Jika diperhatikan secara lebih mendalam, Candi Sewu ternyata juga memiliki relief pada bagian kaki seperti candi-candi lain di Jawa. Relief ini bukan hanya sebagai hiasan bangunan candi namun juga memiliki makna dibaliknya. Salah satu relief yang ada di Candi Sewu adalah relief Yaksa atau tokoh setengah dewa. Relief ini terdapat di setiap pipi tangga.

Selain hiasan Purnakalasa pada setiap sisi luar pipi tangga terdapat relief seorang Yaksa, Kalpawrksa, jambangan-jambangan yang berisi harta, jambangan bunga yang berbentuk sangka atau kerang, pedupaan dan benda-benda lainnnya. Relief ini menceritakan seorang Yaksa atau mahluk setengah dewa yang dianggap sebagai penguasa harta. Jika ia berkenan ia akan melimpahkan harta tersebut kepada manusia.

Kalpawrksa adalah salah satu dari lima pohon ajaib yang tumbuh di surge Dewa Indra. Menurut mitologinya pohon ini dapat memenuhi permintaan manusia. Biasanya di bawah pohon ini ditempatkan jambangan-jambangan yang berisi uang dan harta kekayaan lainnya. Dari cerita-cerita diatas dapat diketahui bahwa hiasan relief pada pipi tangga ini berhubungan dengan kekuatan-kekuatan yang menguasai seluruh harta kekayaan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/hiasan-relief-yaksa-di-candi-sewu/
Comments
Loading...