Hiasan Relief Purnakalasa di Kaki Candi Sewu

0 80

Hiasan Relief Purnakalasa di Kaki Candi Sewu

Candi-candi yang berada di Jawa Tengah umumnya memiliki pahatan pada batu atau yang sering disebut relief. Relief-relief ini biasanya dipahatkan di bagian tubuh candi dan kaki candi. Selain sebagai hiasan, relief ini terkadang juga mempunyai cerita tersendiri. Relief-relief ini juga terdapat di Candi Sewu.

Candi Sewu merupakan candi yang berlatar agama Buddha dibangun sekitar abat ke IX. Seperti candi-candi yang lain, Candi Sewu juga mempunyai relief. Relief tersebut berada di bagian kaki dan tubuh candi. Khusus di bagian kaki terdapat beberapa macam hiasan relief.

Kaki candi terbagi menjadi tiga bagian yaitu perbingkaian bawah, tubuh kaki dan perbingkaian atas. Hiasan relief pada kaki Candi Sewu terdapat di bagian tubuh kaki. Pada bagian tubuh kaki terdapat hiasan relief dengan motif PurnakalasaPurnakalasa adalah sebuah jambangan bungga. Jambangan bunga ini menyimbolkan kesuburan dan kekuatan hidup yang melimpah.

Simbol-simbol yang digambarkan pada relief-relief si Candi Sewu ini perlu diketahui untuk lebih menambah pengalaman dalam berkunjung. Memahami informasi-informasi tentang seluk beluk bangunan candi adalah satu bentuk ikut serta melestarikan cagar budaya Candi Sewu. Candi Sewu merupakan salah satu candi yang ternominasi sebagai warisan dunia oleh sebab itu mari kita jaga dan lestarikan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/hiasan-relief-purnakalasa-di-kaki-candi-sewu/
Comments
Loading...